Lakukan Pertolongan Pertama Ini pada Orang yang Sedang Kejang

Apa yang akan Anda lakukan begitu melihat orang kejang? Bila Anda melihat seseorang di sekitar Anda mengalami kejang, tentunya Anda tidak bisa tinggal diam. Pada saat itu, Anda diharapkan untuk mampu berpikir cepat dan turun tangan untuk memberikan pertolongan. Sebelum Anda memahami kapan waktu yang tepat untuk menelepon ambulans, Anda harus melakukan langkah-langkah sederhana berikut untuk menolong orang yang sedang mengalami kejang tanpa rasa panik.

1.Cobalah untuk menenangkan orang yang sedang kambuh kejangnya tersebut sambil memastikan mereka tidak melukai dirinya sendiri.

2.Pindahkan benda-benda di sekitar orang yang tengah mengalami kejang, terutama furnitur atau benda-benda panas yang dapat mencelakai atau melukai orang yang tengah kejang.

3.Berikan alas pada kepalanya jika mereka terbaring di lantai atau tanah.

4.Longgarkan pakaian yang ketat di sekitar lehernya, terutama jika mereka memakai dasi atau kerah berkancing untuk membantu pernapasan.

5.Ketika guncangan berhenti, balikkan tubuh agar dia dapat terbaring bertumpu pada salah satu sisi tubuhnya.

6.Temani orang yang baru saja berhenti kejang dan ajak mereka berbicara dengan rileks hingga mereka benar-benar pulih.

7.Catat waktu terjadinya kejang dan selesainya kejang. Sebaiknya Anda tidak memasukkan apa-apa ke dalam mulut orang yang tengah kejang, termasuk jari Anda.

Mereka yang tengah kejang memang akan menggigit lidah mereka dalam kondisi tersebut, namun gigitan itu akan segera sembuh. Terakhir, jika orang yang mengalami kejang tidak segera sadar kembali, atau kembali mengalami episode kejang berkali-kali, sebaiknya segera larikan ke rumah sakit.

Referensi : http://pekanbaru.tribunnews.com/2016/01/27/lakukan-pertolongan-pertama-ini-pada-orang-yang-sedang-kejang?page=3

Baca juga